Cara Pasang Air Panas Water Heater dengan Aman

Musim peralihan biasanya menghadirkan cuaca dingin di pagi hari sehingga banyak orang lebih memilih untuk mandi dengan air panas. Supaya tidak memakan waktu memasak air dengan kompor terlebih dulu, Anda bisa memasang water heater di rumah. Oleh karena diberlakukan pembatasan kegiatan akibat pandemi, Anda harus mengetahui cara pasang air panas water heater sendiri.

Pasang Water Heater? Perhatikan Hal Ini

Bagi Anda yang tidak memiliki keahlian sebagai tukang, tak perlu khawatir jika di masa pembatasan kegiatan selama pandemi ini tidak bisa memanggil tukang untuk memasang water heater. Cobalah untuk memasangnya sendiri dengan mengikuti petunjuk yang ada. Sebelum itu, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting dalam pemasangan water heater.

Pertama, persiapkan instalasi pipa terpisah untuk jalur air panas dan dingin. Pilihlah pipa khusus yang tahan dengan suhu tinggi sehingga tidak mudah rusak. Biasanya instalasi ini menggunakan pipa bermaterial polipropilena yang tebal dan tidak bisa berkarat. Siapkan pula kran air yang memiliki saluran panas dan dingin sekaligus. Pasang instalasi yang mudah Anda jangkau.

Cara Aman Pasang Water Heater

Setelah mengetahui hal-hal penting dalam instalasi water heater, berikut adalah cara pasang air panas water heater dengan aman tentunya, antara lain:

  1. Pastikan posisi pipa untuk saluran air panas dan dingin tidak berdekatan, beri jarak sekitar 15 cm. Kemudian pasang katub pengaman di bagian inlet water heater yang terhubung dengan pipa saluran masuk air dingin.
  1. Setelah katub pengaman terpasang dan tabung water heater sudah terisi penuh, Anda bisa menancapkan saluran listrik ke stop kontak.
  1. Perlu Anda ingat bahwa penancapan saluran listrik hanya bisa dilakukan ketika tabung sudah penuh terisi, jangan sampai tabung dalam keadaan kosong ketika arus listrik aktif, sebab bisa merusak elemen pemanasnya.
  1. Langkah selanjutnya yaitu mengatur thermostat dari water heater dengan posisi tinggi dan pastikan ELCB dalam keadaan menyala, jika belum menyala bisa Anda nyalakan dengan menekan tombol reset dan tombol berwarna merah hingga lampu indikator menyala.
  1. Untuk keamanan, sebaiknya terminal listrik yang terhubung dengan water heater Anda lengkapi dengan saklar.

Mudah bukan cara aman memasang water heater sendiri di rumah. Jika Anda memilih instalasi water heater gas, cara pemasangannya sama saja dengan yang listrik. Bedanya terletak pada penancapan saluran ke gas bukan ke listrik. Tips aman jika menggunakan instalasi gas untuk meletakkan tabung gas di luar ruangan sebagai antisipasi bila terjadi kebocoran.

Bagi yang bingung memilih jenis pipa yang ingin digunakan, Anda bisa memakai pipa air panas dari Rucika Kelen Green. Pipa ini terbuat dari bahan polipropilena yang terjamin kekuatannya, anti bocor, dan tahan hingga 50 tahun. Ikuti cara pasang air panas water heater tersebut sesuai urutan. Pasang sendiri siapa takut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *