Fungsi Baru Penerus VLOOKUP

Mendengar kata rumus VLOOKUP tentu sudah tidak asing dengan rumus yang popular dikalangan pengguna Microsoft excel. Hampir dalam pengolahan data administrasi menggunakan fungsi rumus tersebut. Rumus tersebut merupakan rumus yang paling sering digunakan setelah fungsi rumus SUM dan AVERAGE. Tetapi baru-baru ini Microsoft Corporation mengumumkan adanya penggunaan fungsi rumus baru sebagai penerus dari rumus VLOOKUP excel.

Pasti Anda penasaran bukan? Mari kita ulas lebih mendalam. Rumus yang digadang-gadang sebagai pengganti rumus VLOOKUP adalah rumus XLOOKUP. Untuk mendapatkan fungsi rumus XLOOKUP Anda harus menginstalasi terleih dahulu Office Excel 365. Jika pada Office 365 masih belum terinstall fungsi tersebut, Anda harus mengupgradenya terlebih dahulu.

Fungsi XLOOKUP merupakan jenis fungsi baru, yang diciptakan untuk mencari sebuah range atau array, dan mengembalikan item yang berhubungan dengan kecocokan pertama. Jika tidak nememukan kecocokan tidak ada, maka fungsi XLOOKUP auto mengembalikan kecocokan ke hasil terdekat (perkiraan).

XLOOKUP sendiri memiliki fungsi yang hampir sama dengan fungsi lookup lainnya, fungsi ini bisa digunakan juga untuk melihat data vertical maupun horizontal (seperti fungsi rumus VLOOKUP maupun HLOOKUP).

Penulisan syntax dari rumus XLOOKUP seperti berikut, =XLOOKUP(lookup_value, lookup_array,return_array,[if_not_found], [match_mode], [search_mode])

Dari penulisan syntax diatas bisa ditarik kesimpulan, bahwa pada fungsi rumus tersebut memiliki 6 argumen. Jika melihat syntax tersebut sekilas terlihat susah untuk digunakan. Sebenarnya dari 6 argumen ini bisa dibagi 2 argumen lagi. Dan yang wajib Anda gunakan adalah 3 argumen di awal, sedangkan yang 3 argumen lainnya merupakan argument opsional.

Simak fungsi dari setiap argumen syntax dibawah ini.

Argumen Wajib

  1. lookup_value = nilai yang dicari.
  2. lookup_array = range atau array untuk pencarian.
  3. return_array = range atau array yang akan dikembalikan.

Argumen opsional

  1. if_not_found = Nilai atau pesan yang ditampilkan apabila tidak ada nilai yang cocok.
  2. match_mode = untuk menentukan jenis kecocokan, defaultnya adalah sama persis.
  3. search_mode = untuk menentukan jenis pencarian, missal dimulai dari atas ke bawah.

Perhatikan contoh table XLOOKUP versus VLOOKUP.

Pada table diatas sel [email protected] berisikan rumus =XLOOKUP(E2;$A$2;$A$6;$B$2:$B$6)

Untuk rumus yang digunakan pada sel F6,G2, dan G6, Anda dapat memperhatikan tampilan pada Watch Window, pada table diatas memang disengaja untuk menggunakan rumus VLOOKUP excel pada sel G2 dan G6 agar mendapatkan operbandingan dari penggunaan kedua fungsi excel tersebut.

Berbeda dengan rumus VLOOKUP yang tidak dapat menoleh ke kiri, rumus pendatang baru ini dapat mengambil data dari kanan ke kiri, dikarenakan rumus XLOOKUP menggunakan 2 range yang berbeda. Jadi Fungsi rumus tersebut juga dapat digunakan sebagi alternatif pengganti fungsi INDEX MATCH.

Menurut informasi yang beredar, fungsi XLOOKUP resmi dirilis pada Office Excel pada tahun 2022 atau 2025. Untuk pengguna Office 365 fitur ini sudah tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *