Ketahui Kelebihan Investasi Emas Sebelum Memulai

Investasi semakin diminati belakangan ini. Banyak pilihan jenis investasi yang bisa dipilih untuk meraup keuntungan berlipat. Salah satu yang paling diminati adalah investasi emas. Bahkan jenis investasi ini sudah dikenal sejak zaman dahulu. Apa sih yang menyebabkan investasi ini banyak dilirik? Simaklah kelebihan investasi emas berikut ini.

Investasi Emas
  1. Sebagai Alat Tukar Saat Krisis Moneter

Krisis moneter merupakan jatuhnya nilai mata uang suatu negara tertentu. Hal ini tentu akan mengakibatkan ketidakstabilan perekonomian. Indonesia saat akhir era Orde Baru atau sekitar tahun 1998 pernah mengalaminya. Hingga masyarakat yang memiliki simpanan emas serta dollar Amerika berbondong-bondong untuk menjualnya.

Krisis ini bisa dihindari dengan mengandalkan tabungan emas dan menggunakannya sebagai alat tukar. Apalagi nilai emas cenderung stabil dan tidak terpengaruh oleh terjadinya inflasi. Sehingga investasi ini lebih terkendali nilainya. Karena kejadian krisis moneter yang pernah terjadi tersebut, masyarakat berlomba-lomba menabung emas. Apalagi di tengah pandemi dan isu resesi yang sedang berlangsung.

  1. Aset Untuk Melindungi Kekayaan

Investasi emas, apalagi di masa terjadinya inflasi atau resesi ekonomi sangat berguna untuk melindungi kekayaan. Sebab emas memiliki nilai yang stabil daripada mata uang lainnya. Sehingga banyak yang akhirnya mengalihkan nilai kekayaan dalam bentuk investasi emas.

  1. Sebagai Dana Darurat

Investasi emas ternyata bisa disertakan dengan dana tunai sebab proses pencairannya tidak rumit. Sehingga Anda bisa mencairkan tabungan emas yang dimiliki sewaktu-waktu untuk dana darurat atau kebutuhan sangat mendesak. Bunganya pun lebih murah saat dicairkan. Sehingga lebih memudahkan dan menyejahterakan pemilik.

  1. Tidak Memiliki Bunga

Enaknya investasi emas adalah tidak memiliki bunga, meskipun beberapa ada yang menyertakan bunga dengan nominal yang sangat rendah. Apalagi jika Anda memilih program investasi emas syari’ah, hanya akan dikenakan biaya administrasi sekali saja, istilahnya untuk biaya titip emas. Menggiurkan bukan.

  1. Lebih Aman

Kelebihan investasi emas selanjutnya adalah lebih aman, sebab nilai emas dapat terhindar dari inflasi dan suku bunga yang tinggi. selain itu, nilai fluktuasi atau likuiditasnya tidak begitu ekstrem sebagaimana saham dan mata uang kripto. Meskipun dibilang lebih aman, disarankan untuk melakukan diversifikasi investasi, sehingga alihkan juga untuk investasi selain emas.

  1. Menghasilkan Keuntungan

Investasi emas justru akan menghasilkan keuntungan untuk Anda, tidak seperti investasi uang kripto maupun saham. Investasi emas akan menghasilkan capital gain dalam jangka panjang hingga sepuluh tahun sebesar 7 – 8 persen. Bahkan nilai emas di masa depan cenderung akan naik dan mengalami peningkatan tiap tahunnya.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda rasakan dari kelebihan investasi emas. Jika Anda memilih investasi emas secara virtual, pastikan pihak yang menyediakan juga memberikan portofolio emas yang Anda miliki secara real serta emas tersebut bisa dicetak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *