Last Updated:

Tips Aman Bertransaksi Online yang Harus Diikuti

Tips & Trik

Majunya teknologi membuat makin mudahnya proses transaksi. Bahkan sekarang Anda tidak perlu harus bertatap muka dan datang langsung ke lokasi untuk melakukan sebuah transaksi. Itulah enaknya melakukan transaksi secara online. Namun ternyata transaksi ini juga memiliki resiko. Untuk itu, ikuti tips aman bertransaksi online berikut ini.

  1. Lakukan Riset Situs Belanja Online

 

Semakin menjamurnya e-commerce bahkan sampai memiliki store di media sosial menjadikan siapapun mudah membuat toko secara online. Supaya tidak tertipu, ada baiknya melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Mulai dari menghubungi nomor telepon penjual hingga mencari ulasan konsumen yang pernah belanja. Jika banyak komplain, jangan lanjutkan transaksi di toko tersebut.

 

  1. Cermati Kebijakan Situs Belanja Online Terhadap Data Pribadi Pengguna

 

Hal ini penting dilakukan supaya dikemudian hari tidak terjadi pencurian data pribadi Anda dan diperjualbelikan untuk pihak lain. Sehingga jangan langsung mengiyakan syarat dan ketentuan dalam pembuatan akun, tapi baca dan cermati tiap poinnya. Cermati kebijakan terkait pengembalian barang, garansi, dan jaminan uang kembali. Jangan sampai Anda sebagai pembeli malah rugi besar.

 

  1. Baca Deskripsi Produk dengan Cermat

 

Tips aman selanjutnya adalah cermatlah ketika membaca deskripsi produk. Anda patut waspada dengan barang bermerk terkenal tapi malah ditawarkan dengan harga yang sangat murah, atau mendapatkan potongan harga sangat besar. Karena bisa jadi produk tidak asli atau banyak cacatnya. Kecuali memang disebutkan sedang cuci gudang atau produk kw atau defect minor.

 

  1. Hindari Godaan Barang Murah

 

Jika Anda mendapatkan penawaran suatu barang dengan harga murah dan jauh dari harga pasar, jangan langsung kepincut untuk melakukan transaksi. Telusuri pengirim pesan penawaran tersebut. Akan lebih aman jika Anda belanja langsung di website resmi perusahaan produsen barang tersebut. Takutnya penawaran tersebut berasal dari spammer untuk mendapatkan data pribadi Anda.

 

  1. Pastikan Situs Web Bertanda Aman

 

Situs web yang aman biasanya muncul gambar gembok pada status bar nya. Pastikan pula alamat situs web berubah ke https sebelum melakukan pendaftaran nomor kartu kredit. Sehingga informasi pribadi Anda akan terlindungi.

 

  1. Amankan PC yang Digunakan

 

Tips aman bertransaksi online selanjutnya adalah lengkapi PC yang digunakan untuk transaksi dengan anti virus. Pasang anti spyware dan firewall, serta update anti virus secara teratur dan pilih yang otomatis.

 

  1. Pertimbangkan Cara Pembayaran

 

Transaksi belanja online biasanya pembayaran dilakukan dengan kartu kredit, ATM, atau gerai retail modern. Namun untuk alasan keamanan, lebih disarankan dan lebih praktis menggunakan sistem dana digital, transfer kirim, atau Cash On Delivery (COD).

 

Jangan lupa untuk selalu menerapkan tips aman bertransaksi online ketika sedang berbelanja sebagaimana dimaksud. Pastikan Anda selalu menggunakan kode yang tidak mudah ditebak dan tidak memberikan kode tersebut kepada siapapun meskipun itu anggota keluarga sendiri.