Tips Mencegah Penyakit Demam Berdarah Dengue di Rumah

Demam berdarah dengue merupakan penyakit yang sering muncul ketika musim hujan tiba. Penyakit DBD disebabkan oleh virus yang masuk dalam tubuh manusia dari gigitan nyamuk. Nyamuk-nyamuk ini bertelur serta berkembang di genangan air,yang sering ditemukan ketika musim hujan.

Meskipun menjadi penyakit yang sering ditemukan ketika musim hujan, namun menurut info penyakit, DBD merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bahkan bisa menyebabkan komplikasi jika tidak ditangani dengan benar. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kita melakukan pencegahan agar terhindar dari penyakit berbahaya ini.

Pencegahan Penyakit DBD di Rumah

Berikut beberapa pencegahan DBD yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  1. Pasang kasa dan kelambu. Memasang kasa di puntu serta jendela akan mencegah nyamuk masuk. Selain itu, Anda juga bisa memasang kelambu di kamar tidur. Kelambu akan menghalangi nyamuk masuk ke dalam kamar dan menggigit Anda. Anda juga bisa menutup seluruh lubang di jendela serta pintu.
  2. Nyalakan kipas angin atau AC. Sebuah riset menunjukkan bila aliran udara di AC atau kipas angin dapat membuat nyamuk terbang, sehingga nyamuk tidak akan mendekati tubuh Anda. Nyamuk pembawa dengue juga mampu mendeteksi aroma tubuh ketika menggigit kulit, sehingga penggunaan kipas akan menyebarkan bau yang alami di ruangan, dan nyamuk kesulitan mencari bau sesungguhnya.
  3. Jangan lupa selalu menggunakan obat nyamuk. Anda juga dapat menggunakan obat nyamuk di dalam rumah. Pilih obat nyamuk dengan kandungan bahan yang aman. Bila Anda ingin menggunakan bahan alami, Anda dapat menggunakan minyak kayu putih atau minyak esensial dengan aroma lavender.
  4. Lakukan 3M. Dari dulu hingga sekarang, 3, terus menerus digalakkan. Program 3M, merupakan salah satu langkah pemerintah agar mencegah penyakit demam berdafrah dengue. 3M dilakukan dengan menguras kolam penampungan air, menutup vas, mendaur ulang barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk.
  5. Gunakan pakaian yang tertutup. Agar mencegah gigitan nyamuk, usahakan selalu menggunakan pakaian yang tertutup seperti celana panjang dan baju lengan panjang.

Lakukan Pola Hidup Sehat

Selain melakukan pencegahan di atas, pola hidup sehat juga harus dimiliki. Anda bisa melakukan vaksin dengue. Dari tahun 2016 lalu, Indonesia sudah memiliki vaksin dengue. Vaksin dengue dapat diberikan apda anak-anak mulai 9 tahun serta orang dewasa. Walaupun tidak bisa mencegah gigitan nyamuk, tetapi pemberian vaksin ini akan mencegah kemunculan gejala DBD berat.

Selain melakukan vaksin, Anda juga dapat mengkonsumsi vitamin C untuk memperkuat daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terinfeksi virus. Dengan pengonsumsian vitamin, sistem imun akan semakin kuat. Sebenarnya, jika sudah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang serta makanan-makanan yang mengandung vitamin C, Anda tidak perlu mengkonsumsi suplemen tambahan.

Makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, kiwi, jambu biji, stroberi, dan brokoli. Lakukan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan nutrisi tinggi. Jangan lupa imbangi dengan melakukan olahraga secara rutin. Anda bisa melakukan olahraga sederhana setiap hari seperti melakukan jogging atau sekedar skipping.

Mencegah jauh lebih baik dibandingkan dengan mengobati, apalagi setelah mengetahui jika demam berdarah dengue bisa menjadi semakin parah bila tidak ditangani dengan baik. Bila Anda merasakan gejala-gejala DBD seperti demam tinggi, sakit kepala berat, mual, muntah hingga muncul bintik kemerahan di kulit, lebih baik segera pergi ke rumah sakit terdekat agar bisa memperoleh penanganan yang lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *