Tips Mengatur Keuangan yang Wajib Diketahui

Melakukan pengaturan terhadap keuangan perlu untuk dilakukan. Jangan sampai Anda malah memiliki banyak hutang karena secara tidak sadar melakukan banyak transaksi yang tidak penting. Supaya keuangan Anda tertata rapid an tidak mengalami masalah, ikuti tips mengatur keuangan berikut ini.

  1. Membuat Budget Pengeluaran

Budget atau anggaran keuangan sangat diperlukan supaya Anda dapat melakukan saving money. Anda bisa membuat anggaran pengeluaran harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Semakin pendek jarak waktunya malah semakin bagus. Hal ini akan menghindarkan Anda dari menghamburkan uang untuk keperluan yang tak penting dan memilah keperluan yang penting.

  1. Cermat Dalam Belanja

Keperluan belanja ini yang biasanya sering menjebak dalam menghabiskan anggaran keuangan. Untuk itu, Anda harus membuat skala prioritas dalam berbelanja. Alokasikan budget yang sudah dibuat untuk belanja, terutama dalam mencukupi kebutuhan primer dan harian. Apalagi dengan semakin mudahnya proses belanja pada zaman ini.

Sebelum berbelanja, ada baiknya untuk melakukan riset harga terlebih dahulu. Usahakan untuk membeli barang yang paling murah, namun memiliki kualitas yang sama setidaknya. Anda juga bisa berburu diskon. Eits, hati-hati ya, jangan sampai karena diskon, Anda justru membeli barang yang tidak dibutuhkan. penghamburan uang itu namanya.

  1. Berhematlah Untuk Makanan

Dalam mengatur keuangan, Anda harus berhemat untuk urusan makanan. Bukan berarti Anda harus mengurangi jatah makan, namun cermatlah memilih makanan sehat dan bergizi namun memiliki harga yang murah. Usahakan agar tidak sering makan direstoran atau kafe. Lebih bagus lagi jika Anda memasak makanan sendiri.

  1. Batasi Pengunaan Kartu Kredit 

Kartu kredit memang sangat berguna, apalagi untuk melakukan transaksi saat keadaan darurat. Namun penggunaan yang berlebihan justru akan menjerat kondisi keuangan Anda. Nah, tips mengatur keuangan ini bisa dilakukan dengan menganggarkan maksimal 30% dari pendapatan Anda untuk kepentingan cicilan kartu kredit tiap bulannya.

  1. Menabung

Supaya keuangan Anda sehat, usahakan untuk menyisihkan hingga 20% dari pendapatan dalam tabungan. Hal ini bisa Anda rasakan manfaatnya ketika terjadi kejadian tak diinginkan dan mendadak, serta untuk simpanan hari tua. Supaya bisa saving tiap bulan, sisihkan penghasilan terlebih dahulu dalam tabungan. Pilihlah jenis tabungan jangka panjang, sehingga Anda tidak tergoda untuk mengambilnya.

  1. Investasi Bertahap

Selain menabung, ada baiknya jika Anda juga melakukan investasi secara bertahap. Anda bisa menyisihkan penghasilan untuk deposito, saham, atau reksadana. Cara ini dianggap lebih menjanjikan dalam jangka panjang daripada sekadar tabungan. Sebab bisa mendatangkan keuntungan berlipat ganda.

Itulah beberapa tips mengatur keuangan yang bisa Anda terapkan. Untuk mencoba investasi, disarankan jangan coba-coba. Tapi konsultasikan hal tersebut dengan pakar yang terpercaya. Pilihlah jenis investasi yang menurut Anda baik bagi kebutuhan Anda kedepannya. Semoga tips tersebut membantu Anda mengelola keuangan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *