8 Tips dan Trik Penting Atasi Sepatu Mengelupas Dengan Cepat

Sepatu yang mengelupas saat hendak digunakan bisa saja mengacaukan rencana penting yang sudah Anda susun, apalagi jika Anda tipikal perfeksionis yang harus selalu tampil tanpa cela, insiden seperti ini tentu sangat mengganggu. Faktanya, kulit sepatu yang mengelupas selain disebabkan karena kecelakaan kecil, tentu sangat mungkin diakibatkan dari kelalaian penggunanya sendiri, untuk itu mari kita bahas tips dan trik penting atasi sepatu mengelupas secara cepat.

Pertama, cobalah membersihkan sepatu

Hal pertama yang bisa Anda lakukan saat tahu sepatu mengelupas adalah dengan membersihkannya dari debu atau kotoran yang menempel. Hal ini juga bertujuan untuk melihat dan memastikan bagian mana saja yang terkelupas dan harus segera diperbaiki.

Kedua, amplas bagian sepatu yang mengelupas

Tujuan menggunakan amplas pada bagian yang mengelupas supaya kulit sepatu tersebut bisa benar-benar kembali melekat sempurna ke badan sepatu. Tentu saja Anda harus menggunakannya dengan teliti dan tidak terburu-buru untuk menghindari kulit sepatu mengelupas lebih lebar.

Ketiga, warnai bagian yang telah diamplas rapi

Setelah diamplas rapi dan memastikan kulit sepatu menempel dengan baik, langkah instan ketiga adalah Anda bisa menggunakan spidol permanen untuk mewarnai sepatu dan menyamarkan bagian yang terkelupas. Tentu saja gunakanlah spidol warna senada dengan sepatu Anda dan untuk sementara, sepatu Anda sudah dapat digunakan kembali.

Keempat, mengecat sepatu

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengecat ulang sepatu secara keseluruhan atau bisa saja cukup dengan meratakan cat pada bagian sepatu yang mengelupas saja. Setelah memastikan cat pada sepatu mengering sempurna, Anda bisa menggunakan lap kain untuk membersihkan sepatu sebaik mungkin.

Kelima, gunakan lem sepatu

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah memberi lem pada sepatu dan tentu saja lem yang dipakai haruslah lem khusus sepatu salah satunya adalah merk Shoe goo. Oleskan Shoe goo secara merata ke semua permukaan sepatu dengan menggunakan kuas khusus dan biarkan lem ini bekerja dengan cara menyegel dan melindungi bagian bawah sepatu agar tidak gampang terkelupas lagi.

Keenam, tunggu sampai lem mengering

Penggunaan lem pada sepatu memang membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama tetapi tentu saja ini dilakukan demi mendapat hasil yang maksimal. Biarkan sepatu Anda beberapa saat untuk memastikan lem yang direkatkan telah benar-benar mengering dan letakkan jari perlahan untuk mencari tahu apakah lem sudah kering atau belum.

Ketujuh, gunakan cairan perawatan

Anda tentu tahu, pada beberapa jenis sepatu termasuk di antaranya sepatu kulit, perawatan menggunakan cairan khusus adalah salah satu cara terbaik menjaga agar sepatu tetap awet. Oleskan cairan perawatan secukupnya ke kulit sepatu dan ratakan, biarkan cairan ini meresap dan bekerja sempurna melindungi sepatu Anda.

Kedelapan, semprot sepatu dengan spray khusus

Umumnya sepatu mengelupas kulitnya dikarenakan kondisi kulit sepatu yang kering dan tidak terawat dengan baik. Anda bisa menggunakan spray khusus guna menjaga kelembapan sepatu dan melindungi kulitnya dari kotoran dan noda yang berpotensi merusak sepatu.

Kesembilan, letakkan sepatu pada tempat yang aman

Cara kesembilan ini mungkin lebih kepada cara merawat sepatu yang sering terlewatkan oleh Anda yaitu letakkan sepatu pada tempatnya setelah digunakan untuk menjaga agar sepatu tetap awet dan tidak terkelupas kulitnya. Hindari terkena matahari langsung dan letakkan di rak sepatu yang aman agar sepatu bisa terjaga dengan baik sampai hendak dikenakan kembali.

Itulah tadi 9 tips dan trik atasi sepatu mengelupas dengan cepat yang bisa Anda praktekkan di rumah dan jika ingin membeli cairan perawataan sepatu atau bahkan sepatu wanita baru, jangan lupa kunjungi Blibli.com. Situs jual beli terpercaya dan terbesar di Indonesia ini siap memenuhi kebutuhan Anda dengan selalu menyediakan produk-produk terbaik dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *